RPP
BERIMAN KEPADA QADA DAN QADAR
MATERI PABP KELAS XII
v Mengingatkan kembali materi sebelumnya dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
v Memberikan gambaran tentang manfaat belajar yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Jika materi tema/proyek ini dikerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Makna beriman ditunjukan ditunjukan kepada qada Dan qadar
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
Peserta didik yang diberi motivasi untuk menarik perhatian pada topik materi Makna percaya kepada qada dan qadar dengan cara :
v Melihat
(tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan .
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Makna beriman ditunjukan ditunjukan kepada qada Dan qadar .
Ø Pemberian contoh materi yang dapat dipercaya kepada qada dan qadar untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca .
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Makna beriman kepada qada dan qadar .
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Makna kepada qada dan qadar .
v Mendengar
Pemberian materi Makna kepada qada dan qadar oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø Makna beriman ditunjukan ditunjukan kepada qada Dan qadar
BERPIKIR KRITIK
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan
tentang materi :
Ø Makna beriman ditunjukan ditunjukan kepada qada Dan qadar
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan cermat materi Makna beriman kepada qada dan qadar yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide penyajian yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Makna beriman kepada qada dan qadar yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
menyusun daftar Pertanyaan dari apa yang Yang Belum DAPAT Dari activities mengmati Dan membaca Yang akan diajukan ditunjukan kepada guru berkaitan DENGAN materi Makna Percaya ditunjukan kepada qada Dan qadar Yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Makna percaya kepada qada dan qadar yang telah disusun dalam daftar kepada guru.
KOLABORASI (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Makna percaya kepada qada dan qadar .
v Mengolah informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Makna beriman kepada qada dan qadar yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik berkomunikasi secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri tidak percaya kepada qada dan qadar sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Makna beriman ditunjukan ditunjukan ditunjukan kepada qada Dan qadar
Peserta didik dalam kelompoknya mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi
tentang data dari Materi :
Ø Makna beriman ditunjukan ditunjukan ditunjukan kepada qada Dan qadar
v Mengolah informasi dari materi Makna beriman kepada qada dan qadar yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau hasil dari kegiatan mengamati dan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Makna beriman kepada qada dan qadar berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan .
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Makna beriman ditunjukan ditunjukan ditunjukan kepada qada Dan qadar
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Makna beriman kepada qada dan qadar dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Makna beriman kepada qada dan qadar yang dilakukan dan peserta didik lain yang diberi kesempatan untuk menjawabnya.
KREATIVITAS (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan secara tertulis tentang materi :
Ø Makna beriman ditunjukan ditunjukan ditunjukan kepada qada Dan qadar
v Menjawab tentang materi Makna percaya kepada qada dan qadar pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum diketahui, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa terkait dengan materi Makna yang dipercaya oleh qada dan qadar yang akan selesai dipelajari
Peserta didik :
v MEMBUAT melanjutkan ( Kreativitas ) DENGAN Bimbingan guru TENTANG poin-poin Penting Yang Muncul hearts activities Pembelajaran materi Makna beriman ditunjukan kepada qada Dan qadar Yang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Makna beriman kepada qada dan qadar yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau di rumah.
Guru:
v Memeriksa Pekerjaan siswa yang selesai diperiksa untuk materi pelajaran Makna beriman kepada qada dan qadar .
v Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk menilai tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Makna percaya kepada qada dan qadar .
v pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan
syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Latihan fisik dan psikis peserta didik dalam memulai kegiatan pembelajaran.
aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat belajar yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Jika materi/proyek ini dikerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Tanda-Tanda qada Dan qadar
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
Peserta didik diberi motivasi untuk menarik perhatian pada topik materi Tanda-tanda qada dan qadar dengan cara :
v Melihat
(tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan .
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Tanda-Tanda qada Dan qadar .
Ø Pemberian contoh-contoh materi Tanda-tanda qada dan qadar untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca .
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Tanda-tanda qada dan qadar .
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Tanda-tanda qada dan qadar .
v Mendengar
Pemberian materi Tanda-tanda qada dan qadar oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø Tanda-Tanda qada Dan qadar
BERPIKIR KRITIK (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan
tentang materi :
Ø Tanda-Tanda qada Dan qadar
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Tanda-tanda qada dan qadar yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide penyajian yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Tanda-tanda qada dan qadar
yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
tidak ada pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dicapai dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Tanda-tanda qada dan qadar yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Tanda-tanda qada dan qadar yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
KOLABORASI (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Tanda-tanda qada dan qadar .
v Mengolah informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Tanda-tanda qada dan qadar yang diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik dikomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Tanda-tanda qada dan qadar sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Tanda-Tanda qada Dan qadar
Peserta didik dalam kelompoknya mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi
tentang data dari Materi :
Ø Tanda-Tanda qada Dan qadar
v Mengolah informasi dari materi Tanda-tanda qada dan qadar yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau hasil dari kegiatan mengamati dan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Tanda-tanda qada dan qadar berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan .
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Tanda-Tanda qada Dan qadar
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Tanda-tanda qada dan qadar dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Tanda-tanda qada dan qadar yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
KREATIVITAS (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan secara tertulis tentang materi :
Ø Tanda-Tanda qada Dan qadar
v Menjawab pertanyaan tentang materi Tanda-tanda qada dan qadar yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dikenal, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa terkait dengan materi Tanda-tanda qada dan qadar yang akan dipelajari selesai
Peserta didik :
v Membuat resume ( KREATIVITAS ) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Tanda-tanda qada dan qadar yang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Tanda-tanda qada dan qadar yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau di rumah.
Guru:
v Memeriksa pekerjaan siswa yang diperiksa untuk materi pelajaran Tanda-tanda qada dan qadar .
v Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Tanda-tanda qada dan qadar .
Guru:
Orientasi
v pembukaan dengan salam pembuka , memanjatkan
syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Latihan fisik dan psikis peserta didik dalam memulai kegiatan pembelajaran.
aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat belajar yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Jika materi/proyek ini dikerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Dalil-dalil Yang berkaitan DENGAN qada Dan qadar
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi untuk menarik perhatian pada topik materi Dalil-dalil yang berkaitan dengan qada dan qadar dengan cara :
v Melihat
(tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan .
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Dalil-dalil Yang berkaitan DENGAN qada Dan qadar .
Ø Pemberian contoh-contoh materi Dalil-dalil yang berkaitan dengan qada dan qadar untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca .
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Dalil-dalil yang berkaitan dengan qada dan qadar .
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Dalil-dalil yang berkaitan dengan qada dan qadar .
v Mendengar
Pemberian materi Dalil-dalil yang berkaitan dengan qada dan qadar oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø Dalil-dalil Yang berkaitan DENGAN qada Dan qadar
BERPIKIR KRITIK (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan
tentang materi :
Ø Dalil-dalil Yang berkaitan DENGAN qada Dan qadar
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Dalil-dalil yang berkaitan dengan qada dan qadar yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Beroperasi Disiplin melakukan activities literasi DENGAN Mencari Dan membaca different Referensi Dari different Sumber guna Menambah Pengetahuan Dan pemahaman TENTANG materi Dalil-dalil Yang berkaitan DENGAN qada Dan qadar Yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
tidak ada daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dijangkau dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Dalil-dalil yang berkaitan dengan qada dan qadar yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Dalil-dalil yang berkaitan dengan qada dan qadar yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
KOLABORASI (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Dalil-dalil yang berkaitan dengan qada dan qadar .
v Menelan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Dalil-dalil yang berkaitan dengan qada dan qadar yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik berkomunikasi secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Dalil-dalil yang berkaitan dengan qada dan qadar sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Dalil-dalil Yang berkaitan DENGAN qada Dan qadar
KOLABORASI (KERJASAMA) DAN BERPIKIR KRITIK
Peserta didik dalam kelompoknya mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi
tentang data dari Materi :
Ø Dalil-dalil Yang berkaitan DENGAN qada Dan qadar
v Mengolah informasi dari materi Dalil-dalil yang berkaitan dengan qada dan qadar yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
KOMUNIKASI (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Dalil-dalil yang berkaitan dengan qada dan qadar berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan .
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Dalil-dalil Yang berkaitan DENGAN qada Dan qadar
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Dalil-dalil yang berkaitan dengan qada dan qadar dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Dalil-dalil yang berkaitan dengan qada dan qadar yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
KREATIVITAS (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Dalil-dalil Yang berkaitan DENGAN qada Dan qadar
v Menjawab pertanyaan tentang materi Dalil-dalil yang berkaitan dengan qada dan qadar yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum diketahui, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa terkait dengan materi Dalil-dalil yang berkaitan dengan qada dan qadar yang akan selesai dipelajari
Peserta didik :
v Membuat resume ( KREATIVITAS ) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Dalil-dalil yang berkaitan dengan qada dan qadar yang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Dalil-dalil yang berkaitan dengan qada dan qadar yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau di rumah.
Guru:
v Memeriksa pekerjaan siswa yang diperiksa langsung untuk memeriksa materi pelajaran Dalil-dalil yang berkaitan dengan qada dan qadar .
v Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk menilai tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Dalil-dalil yang berkaitan dengan qada dan qadar .
Komentar
Posting Komentar