RPP BERPIKIR KRITIS (MATERI PABP KELAS XII)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMA ...
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester
: X II / Ganjil
Bahan Pokok : QS Ali Imran/3: 190-191, dan QS Ali Imran/3:159
Alokasi Waktu : Pelajaran 3
Minggu x 3 Jam @ 45
Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI-1:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
· KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleransi, damai), bertanggung jawab, responsif, dan proaktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah , masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan terkait penyebab fenomena dan kejadian , serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampumenggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.1 Biasakan al-Qur'an sebagai pengamalan dengan keyakinan bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis dan keadilan demokrasi
|
· Terbiasa membaca al-Qur'an sebagai pengamalan dengan keyakinan bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis dan demokratisasi
|
2.1 Bersikap kritis dan demokratis sesuai dengan pesan QS Ali Imran/3: 190-191 dan159, serta Hadis terkait
|
· Bersikap kritis dan demokratis sesuai dengan pesan QS Ali Imran/3: 190-191 dan159, serta Hadis terkait
|
3.1 Menganalisis dan menemukan makna QS Ali Imran/3: 190-191, dan QS Ali Imran/3:159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan demokrasi
|
- · menjelaskan cara membaca QS Ali Imran/3:190-191 dan QS Ali Imran/3:159 sesuai dengan kaidah tajwid;
- · Identifikasi hukum bacaan QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159.
- · Menterjemahkan QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 serta hadis terkait.
- · menjelaskan asbabun nuzul QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159.
- · QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 serta hadis terkait.
- · menjelaskan pesan-pesan yang terkandung dalam paqda QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 serta hadis terkait
- · menjelaskan manfat berpikir kritis dan demokratis sesuai dengan kandungan QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159.
- · Menganalisis hukum bacaan, makna, pesan-pesan yang terdapat pada QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159
- · menjelaskan sikap kritis dan demokratis dengan ciri-ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159
- · Menyimpulkan hukum bacaan, makna, pesan-pesan, hikmah dan manfaat yang terdapat pada QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159
|
4.1.1 Membaca QS Ali Imran/3: 190-191, dan QS Ali Imran/3:159,; sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul-huruf
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan QS Ali Imran/3: 190-191, dan QS Ali Imran/3:159, dengan lancar
4.1.3 Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan QS Ali Imran/3: 190-191
|
- · Mendemonstrasikan bacaan QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.
- · Mendemonstrasikan hafalan QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 dengan fasih dan lancar.
- · Menyajikan hukum bacaan yang terdapat pada QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159.
- · Menyajikan makna QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 serta hadis terkait.
- · Menyajikan pesan-pesan, hikmah dan manfaat yang terkandung dalamQS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 serta hadis terkait
- · Menyajikan paparan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai dengan pesan QS Ali Imran/3: 190-191 serta hadits terkait.
- · Menyajikan paparan keterkaitan antara sikap demokratis dengan konten QS Ali Imran/3:159 serta hadis terkait.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
- Biasa membaca al-Qur'an sebagai pengamalan dengan keyakinan bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis dan demokratisasi dengan tanggung jawab
- Bersikap kritis dan demokratis sesuai dengan pesan QS Ali Imran/3: 190-191 dan159, serta Hadis terkait dengan kepercayaan diri
- menjelaskan cara membaca QSAli Imran/3:190-191 dan QS Ali Imran/3:159 sesuai dengan kaidah tajwid; dengan benar
- Menterjemahkan QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 serta hadis terkait. dengan benar
- menjelaskan asbabun nuzul QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159.dengan benar
- menjelaskan pesan-pesan yang terkandung dalam paqda QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 serta hadis terkait dengan benar
- menjelaskan manfaat untuk berpikir kritis dan demokratis sesuai dengan kandungan QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159. dengan percaya diri
- Menganalisis hukum bacaan, makna, pesan-pesan yang terdapat pada QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 dengan tanggung jawab
- menjelaskan sikap kritis dan demokratis dengan ciri-ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan QSAli Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 dengan benar
- Menyimpulkan hukum bacaan bacaan, makna, pesan-pesan, hikmah dan manfaat yang terdapat pada QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 dengan tanggug jawab
- Mendemonstrasikan bacaan QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf. dengan percaya diri
- Mendemonstrasikan hafalan QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 dengan fasih dan lancar. dengan percaya diri
D.
Materi Pembelajaran
-
·
Makna dan pesan-pesan yang terkandung dalam paqda QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 serta hadis terkait
1) Dekat
: Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3) Metode : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
E.
Media Pembelajaran
Media:
·
Lembar kerja atau lembar kerja (siswa)
·
Lembar penilaian
·
Al-Qur'an
Alat/Bahan :
·
Penggaris, spidol, papan tulis
·
Laptop & fokus
F.
Sumber Belajar
·
Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XII, Kemendikbud, tahun 2016
·
Internet
·
Buku refensi yang relevan,
·
Proyektor LCD
·
Film Tawuran Pelajar
·
Tafsir al-Qur'an dan kitab hadits
·
Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud
·
Lingkungan setempat
·
Asbabun nuzul QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159
· Hukum bacaan (tajwid) QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159
H.
Langkah-Langka h Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama (3 x 45 Menit)
|
Kegiatan Pendahuluan ( 15Menit)
|
Guru:
Orientasi
v guru melakaukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Latihan fisik dan psikis peserta didik dalam memulai kegiatan pembelajaran.
aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v mengingatkan kembali materi sebelum bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat belajar yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Jika materi tema/proyek ini dikerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
HAI Hukum Bacaan (tajwid) QS Ali Imran / 3: 190-191 Dan QS Ali Imran / 3: 159
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v pembagian kelompok belajar
v adalah pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulasi
(stimulasi/
memberi
rangsangan)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik yang diberi motivasi untuk menarik perhatian pada topik materi Hukum bacaan (tajwid) QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan .
v Mengamati
HAI Lembar kerja materi Hukum Bacaan (tajwid) QS Ali Imran / 3: 190-191 Dan QS Ali Imran / 3: 159 .
HAI Memberikan contoh-contoh materi Hukum bacaan (tajwid) QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca .
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Hukum bacaan (tajwid) QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 .
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait dengan bacaan (tajwid) QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 .
v Mendengar
Menyediakan materi bacaan Hukum (tajwid) QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
HAI Hukum Bacaan (tajwid) QS Ali Imran / 3: 190-191 Dan QS Ali Imran / 3: 159
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan , ketelitian, mencari informasi.
|
Masalah
pernyataan
(pertanyaan/
melihat
masalah)
|
BERPIKIR KRITIK (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan
tentang materi :
HAI Hukum Bacaan (tajwid) QS Ali Imran / 3: 190-191 Dan QS Ali Imran / 3: 159
yang tidak menjangkau dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
koleksi
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Hukum bacaan (tajwid) QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Beroperasi Disiplin melakukan kegiatan literasi DENGAN Mencari Dan membaca different Referensi Dari different Sumber guna Menambah Pengetahuan Dan pemahaman TENTANG materi
Hukum Bacaan (tajwid) QS Ali Imran / 3: 190-191 Dan QS Ali Imran / 3: 159 dipelajari Yang sedang.
v aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dicapai dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Hukum bacaan (tajwid) QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan bahan bacaan Hukum (tajwid) QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
KOLABORASI (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Hukum bacaan (tajwid) QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 .
v Menelan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Hukum bacaan (tajwid) QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik dikomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Hukum bacaan (tajwid) QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
HAI Hukum Bacaan (tajwid) QS Ali Imran / 3: 190-191 Dan QS Ali Imran / 3: 159
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, apresiasi pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
pengolahan
(pengolahan
Data)
|
KOLABORASI (KERJASAMA) DAN BERPIKIR KRITIK
Peserta didik dalam kelompoknya mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data dari Materi :
HAI Hukum Bacaan (tajwid) QS Ali Imran / 3: 190-191 Dan QS Ali Imran / 3: 159
v Mengolah informasi dari materi Hukum bacaan (tajwid) QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung pertanyaan- pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa hal mengenai materi Hukum bacaan (tajwid) QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 .
|
Verifikasi
(pembuktian)
|
BERPIKIR KRITIK (BERPIKIR KRITIK)
Peserta mengamati hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai pada pengolahan informasi yang merupakan solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai yang berbeda untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
HAI Hukum Bacaan (tajwid) QS Ali Imran / 3: 190-191 Dan QS Ali Imran / 3: 159
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalisasi n
(menarik
kesimpulan)
|
KOMUNIKASI (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi tentang bahan bacaan Hukum (tajwid) QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 berupa ringkasan berdasarkan analisis hasil lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, sesuai dengan pendapat sopan .
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
HAI Hukum Bacaan (tajwid) QS Ali Imran / 3: 190-191 Dan QS Ali Imran / 3: 159
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Hukum bacaan (tajwid) QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Hukum bacaan (tajwid) QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 yang dilakukan dan peserta didik diberi kesempatan untuk menjawabnya.
KREATIVITAS (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan secara tertulis
tentang materi :
HAI Hukum Bacaan (tajwid) QS Ali Imran / 3: 190-191 Dan QS Ali Imran / 3: 159
v Menjawab pertanyaan tentang materi Hukum bacaan (tajwid) QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dikenal, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa terkait dengan materi Hukum bacaan (tajwid) QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 yang akan selesai
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi bacaan hukum (tajwid) QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar lerja yang telah disediakan secara individual untuk memeriksa penguasaan materi pelajaran.
|
|
Catatan : Selama pembelajaran Hukum bacaan (tajwid) QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme , disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
Kegiatan Penutup ( 15 Menit)
|
Peserta didik :
v Membuat resume ( KREATIVITAS ) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Hukum bacaan (tajwid) QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 yang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk bahan pelajaran hukum bacaan (tajwid) QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau di rumah.
Guru:
v Memeriksa pekerjaan siswa yang diperiksa langsung untuk diperiksa materi pelajaran Hukum bacaan (tajwid) QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 .
v Peserta didik yang selesai mengerjakan projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar paraf serta nomor urut peringkat, diberi tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Hukum bacaan (tajwid) QS Ali Imran/3: 190- 191 dan QS Ali Imran/3:159 .
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Hukum bacaan (tajwid) QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3: 159 kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kinerja yang baik |
Komentar
Posting Komentar