RPP
BERSIKAP DEMOKRASI
(MATERI PABP KELAS XII)
Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : X II / Ganjil
Bahan Pokok : QS Ali Imran/3: 190-191, dan QS Ali Imran/3:159
Alokasi Waktu : Pelajaran 3 Minggu x 3 Jam @ 45 Menit
A. Kompetensi Inti
· KI-1:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
· KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleransi, damai), bertanggung jawab, responsif, dan proaktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah , masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
· KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan terkait penyebab fenomena dan kejadian , serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
· KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampumenggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Dasar | Indikator |
1.1 Biasakan al-Qur'an sebagai pengamalan dengan keyakinan bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis dan keadilan demokrasi | · Terbiasa membaca al-Qur'an sebagai pengamalan dengan keyakinan bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis dan demokratisasi |
2.1 Bersikap kritis dan demokratis sesuai dengan pesan QS Ali Imran/3: 190-191 dan159, serta Hadis terkait | · Bersikap kritis dan demokratis sesuai dengan pesan QS Ali Imran/3: 190-191 dan159, serta Hadis terkait |
3.1 Menganalisis dan menemukan makna QS Ali Imran/3: 190-191, dan QS Ali Imran/3:159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan demokrasi | - · menjelaskan cara membaca QS Ali Imran/3:190-191 dan QS Ali Imran/3:159 sesuai dengan kaidah tajwid;
- · Identifikasi hukum bacaan QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159.
- · Menterjemahkan QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 serta hadis terkait.
- · menjelaskan asbabun nuzul QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159.
- · QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 serta hadis terkait.
- · menjelaskan pesan-pesan yang terkandung dalam paqda QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 serta hadis terkait
- · menjelaskan manfat berpikir kritis dan demokratis sesuai dengan kandungan QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159.
- · Menganalisis hukum bacaan, makna, pesan-pesan yang terdapat pada QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159
- · menjelaskan sikap kritis dan demokratis dengan ciri-ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159
- · Menyimpulkan hukum bacaan, makna, pesan-pesan, hikmah dan manfaat yang terdapat pada QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159
|
4.1.1 Membaca QS Ali Imran/3: 190-191, dan QS Ali Imran/3:159,; sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul-huruf 4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan QS Ali Imran/3: 190-191, dan QS Ali Imran/3:159, dengan lancar 4.1.3 Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan QS Ali Imran/3: 190-191 | - · Mendemonstrasikan bacaan QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.
- · Mendemonstrasikan hafalan QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 dengan fasih dan lancar.
- · Menyajikan hukum bacaan yang terdapat pada QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159.
- · Menyajikan makna QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 serta hadis terkait.
- · Menyajikan pesan-pesan, hikmah dan manfaat yang terkandung dalamQS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 serta hadis terkait
- · Menyajikan paparan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai dengan pesan QS Ali Imran/3: 190-191 serta hadits terkait.
- · Menyajikan paparan keterkaitan antara sikap demokratis dengan konten QS Ali Imran/3:159 serta hadis terkait.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
- Biasa membaca al-Qur'an sebagai pengamalan dengan keyakinan bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis dan demokratisasi dengan tanggung jawab
- Bersikap kritis dan demokratis sesuai dengan pesan QS Ali Imran/3: 190-191 dan159, serta Hadis terkait dengan kepercayaan diri
- menjelaskan cara membaca QSAli Imran/3:190-191 dan QS Ali Imran/3:159 sesuai dengan kaidah tajwid; dengan benar
- Menterjemahkan QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 serta hadis terkait. dengan benar
- menjelaskan asbabun nuzul QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159.dengan benar
- menjelaskan pesan-pesan yang terkandung dalam paqda QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 serta hadis terkait dengan benar
- menjelaskan manfaat untuk berpikir kritis dan demokratis sesuai dengan kandungan QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159. dengan percaya diri
- Menganalisis hukum bacaan, makna, pesan-pesan yang terdapat pada QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 dengan tanggung jawab
- menjelaskan sikap kritis dan demokratis dengan ciri-ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan QSAli Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 dengan benar
- Menyimpulkan hukum bacaan bacaan, makna, pesan-pesan, hikmah dan manfaat yang terdapat pada QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 dengan tanggug jawab
- Mendemonstrasikan bacaan QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf. dengan percaya diri
- Mendemonstrasikan hafalan QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 dengan fasih dan lancar. dengan percaya diri
D. Materi Pembelajaran
· Makna dan pesan-pesan yang terkandung dalam paqda QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159 serta hadis terkait
1) Dekat : Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3) Metode : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
E. Media Pembelajaran
Media:
· Lembar kerja atau lembar kerja (siswa)
· Lembar penilaian
· Al-Qur'an
Alat/Bahan :
· Penggaris, spidol, papan tulis
· Laptop & fokus
F. Sumber Belajar
· Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XII, Kemendikbud, tahun 2016
· Internet
· Buku refensi yang relevan,
· Proyektor LCD
· Film Tawuran Pelajar
· Tafsir al-Qur'an dan kitab hadits
· Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud
· Lingkungan setempat
· Asbabun nuzul QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159
· Hukum bacaan (tajwid) QS Ali Imran/3: 190-191 dan QS Ali Imran/3:159
H. Langkah-Langka h Pembelajaran
2 . Pertemuan Kedua (3 x 45 Menit)
|
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Asbabun nuzul Q.S. Ali Imran/3: 190-191
dan Q.S. Ali Imran/3: 159
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Kegiatan
Inti ( 105 Menit )
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Asbabun nuzul Q.S. Ali
Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 dengan cara :
v Melihat (tanpa atau
dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar
kerja materi Asbabun nuzul Q.S. Ali
Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159.
Ø Pemberian
contoh-contoh materi Asbabun nuzul
Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 untuk dapat
dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di
sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Asbabun nuzul Q.S. Ali Imran/3: 190-191
dan Q.S. Ali Imran/3: 159.
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan
terkait Asbabun nuzul
Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159.
v Mendengar
Pemberian materi Asbabun nuzul Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 oleh
guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø Asbabun nuzul Q.S. Ali Imran/3:
190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan
tentang materi :
Ø Asbabun nuzul Q.S. Ali Imran/3:
190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat.
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Asbabun nuzul Q.S. Ali Imran/3: 190-191
dan Q.S. Ali Imran/3: 159 yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan
literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
Asbabun nuzul Q.S. Ali Imran/3:
190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum
dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada
guru berkaitan dengan materi Asbabun
nuzul Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 yang sedang
dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Asbabun nuzul Q.S. Ali Imran/3: 190-191
dan Q.S. Ali Imran/3: 159 yang telah disusun dalam daftar pertanyaan
kepada guru.
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Asbabun nuzul Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Asbabun nuzul Q.S. Ali Imran/3: 190-191
dan Q.S. Ali Imran/3: 159 yang telah diperoleh pada buku catatan dengan
tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan materi dengan rasa percaya
diri
Asbabun nuzul Q.S. Ali
Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 sesuai
dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang
materi :
Ø Asbabun nuzul Q.S. Ali Imran/3:
190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang data
dari Materi :
Ø Asbabun nuzul Q.S. Ali Imran/3:
190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159
v Mengolah informasi dari materi Asbabun nuzul Q.S. Ali Imran/3: 190-191
dan Q.S. Ali Imran/3: 159 yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Asbabun nuzul Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159.
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi
:
Ø Asbabun nuzul Q.S. Ali Imran/3:
190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalization
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Asbabun nuzul Q.S. Ali Imran/3: 190-191
dan Q.S. Ali Imran/3: 159 berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Asbabun nuzul Q.S. Ali Imran/3:
190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Asbabun nuzul Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya
atas presentasi tentang materi Asbabun
nuzul Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang
baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang materi :
Ø Asbabun nuzul Q.S. Ali Imran/3:
190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159
v Menjawab
pertanyaan tentang materi Asbabun
nuzul Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Asbabun
nuzul Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 yang akan
selesai dipelajari
v Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Asbabun
nuzul Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran.
|
|
Catatan : Selama
pembelajaran Asbabun nuzul Q.S. Ali
Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
Peserta didik :
v Membuat
resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Asbabun
nuzul Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 yang baru
dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Asbabun
nuzul Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Asbabun nuzul Q.S. Ali Imran/3: 190-191
dan Q.S. Ali Imran/3: 159.
v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Asbabun nuzul Q.S. Ali Imran/3: 190-191
dan Q.S. Ali Imran/3: 159.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Asbabun
nuzul Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 kepada kelompok
yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
3 . Pertemuan Ketiga (3 x 45 Menit)
|
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Makna dan pesan-pesan yang terkandung
paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Kegiatan
Inti ( 105 Menit )
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Makna dan pesan-pesan yang
terkandung paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta
hadis terkait dengan cara :
v Melihat (tanpa atau
dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar
kerja materi Makna dan pesan-pesan
yang terkandung paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159
serta hadis terkait .
Ø Pemberian
contoh-contoh materi Makna dan
pesan-pesan yang terkandung paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali
Imran/3: 159 serta hadis terkait untuk
dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di
sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Makna dan pesan-pesan yang terkandung
paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis
terkait .
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan
terkait Makna dan
pesan-pesan yang terkandung paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali
Imran/3: 159 serta hadis terkait .
v Mendengar
Pemberian materi Makna dan pesan-pesan yang terkandung paqda Q.S. Ali Imran/3:
190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø Makna dan pesan-pesan yang terkandung
paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis
terkait
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan
tentang materi :
Ø Makna dan pesan-pesan yang terkandung
paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis
terkait
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat.
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Makna dan pesan-pesan yang terkandung
paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis
terkait yang sedang dipelajari
dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan
literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
Makna dan pesan-pesan yang terkandung
paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis
terkait yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum
dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada
guru berkaitan dengan materi Makna
dan pesan-pesan yang terkandung paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S.
Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Makna dan pesan-pesan yang terkandung
paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis
terkait yang telah disusun dalam
daftar pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Makna dan pesan-pesan yang terkandung paqda Q.S. Ali Imran/3:
190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait .
v Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Makna dan pesan-pesan yang terkandung
paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis
terkait yang telah diperoleh
pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan materi dengan rasa percaya
diri
Makna dan pesan-pesan
yang terkandung paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159
serta hadis terkait sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang
materi :
Ø Makna dan pesan-pesan yang terkandung
paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis
terkait
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang data
dari Materi :
Ø Makna dan pesan-pesan yang terkandung
paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis
terkait
v Mengolah informasi dari materi Makna dan pesan-pesan yang terkandung
paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis
terkait yang sudah dikumpulkan
dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Makna dan pesan-pesan yang terkandung paqda Q.S. Ali Imran/3:
190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait .
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi
:
Ø Makna dan pesan-pesan yang terkandung
paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis
terkait
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalization
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Makna dan pesan-pesan yang terkandung
paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis
terkait berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Makna dan pesan-pesan yang terkandung
paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis
terkait
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Makna dan pesan-pesan yang terkandung paqda Q.S. Ali Imran/3:
190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan.
v Bertanya
atas presentasi tentang materi Makna
dan pesan-pesan yang terkandung paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S.
Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait yang dilakukan dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang
baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang materi :
Ø Makna dan pesan-pesan yang terkandung
paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis
terkait
v Menjawab
pertanyaan tentang materi Makna dan
pesan-pesan yang terkandung paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali
Imran/3: 159 serta hadis terkait yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Makna
dan pesan-pesan yang terkandung paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S.
Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait yang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Makna dan
pesan-pesan yang terkandung paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali
Imran/3: 159 serta hadis terkait yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran.
|
|
Catatan : Selama
pembelajaran Makna dan pesan-pesan yang
terkandung paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta
hadis terkait berlangsung, guru
mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
Peserta didik :
v Membuat
resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Makna dan
pesan-pesan yang terkandung paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali
Imran/3: 159 serta hadis terkait yang
baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Makna
dan pesan-pesan yang terkandung paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali
Imran/3: 159 serta hadis terkait yang
baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Makna dan pesan-pesan yang terkandung
paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait
.
v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Makna dan pesan-pesan yang terkandung
paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait
.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Makna
dan pesan-pesan yang terkandung paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali
Imran/3: 159 serta hadis terkait kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
Komentar
Posting Komentar