RPP DARI MATERI KEJUJURAN CERMIN KEPRIBADIAN (MATERI PABP KELAS X)

 RPP 

MATERI KEJUJURAN CERMIN KEPRIBADIAN

MATERI PABP KELAS X






Sekolah                                 : SMK AL-WAFA

Mata Pelajaran                    : Pendidikan Agama Islam

Kelas/Semester                    : X / Genap

Materi Pokok                       : Menjaga Kejujuran sebagai Cermin Kepribadian

Alokasi Waktu                     : 3 Minggu x 3 Jam Pelajaran @ 45 Menit

 

A.       Kompetensi   Inti

·          KI-1:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

·          KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan proaktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah , masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.

·          KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian , serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

·          KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi


Kompetensi Dasar

Indikator

1.6 Meyakini bahwa jujur ​​adalah ajaran pokok agama

·          Meyakini bahwa jujur ​​​​adalah ajaran pokok agama

2.6 perilaku jujur ​​​​dalam kehidupan sehari-hari

·          perilaku jujur ​​​​dalam kehidupan sehari-hari

3.6 Menganalisis manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari

·          Meneliti secara lebih mendalam pemahaman QS al-Maidah/5:8, QS at- Taubah/9:119, QS al-Anfāl/8:58, dan QS an-Nahl/16:105 tentang kejujuran, dengan menggunakan IT

·          Menganalisis manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari

· makna           yang terkandung dalam QS al-Māidah/5:8, QS at- Taubah/9:119, QS al-Anfāl/8:58, dan QS an-Nahl/16:105 tentang kejujuran dengan menggunakan IT

4.6 Menyajikan kaitan antara perilaku jujur​​dalam kehidupan sehari-hari dengan semangat

·          Menyajikan kaitan antara contoh perilaku jujur​​dalam kehidupan sehari-hari dengan semangat


C.       Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

  • 1.        Meyakini bahwa jujur ​​adalah ajaran pokok agama dengan tanggung jawab
  • 2.        jujur​​dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya diri
  • 3.        Menganalisis manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
  • 4.        Menyajikan kaitan antara contoh perilaku jujur​​dalam kehidupan sehari-hari dengan semangat.

 

D.       Materi Pembelajaran

  • 1.        Meneliti secara lebih mendalam pemahaman QS al-Maidah/5:8, QS at- Taubah/9:119, QS al-Anfāl/8:58, dan               QS an- Nahl/16:105 tentang kejujuran, dengan menggunakan IT.              
  • 2.        makna yang terkandung dalam QS al-Māidah/5:8, QS at- Taubah/9:119, QS al-Anfāl/8:58, dan QS an-                         Nahl/16:105 tentang kejujuran dengan menggunakan IT.  
  • 3.        Memberikan tambahan bacaan ayat al-Qur'ān dan hadis-hadis yang mendukung lainnya tentang kejujuran

 

E.       Metode Pembelajaran

1)   Dekat                              : Saintifik

2)   Model Pembelajaran      : Puzzle, Role Play

3)   Metode                           : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran

 

F.       Media Pembelajaran

Media:

  1. ·          Lembar kerja atau lembar kerja (siswa)
  2. ·          Lembar penilaian
  3. ·          Al-Qur'an

 

Alat/Bahan :

  • ·          Penggaris, spidol, papan tulis
  • ·          Laptop & fokus

 

G.       Sumber Belajar

  • ·          Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X, Kemendikbud, tahun 2016
  • ·          e-dukasi.net
  • ·          Buku refensi yang relevan,
  • ·          Proyektor LCD
  • ·          channel Yaoutube Zona Peka
  • ·          Tafsir al-Qur'an dan kitab hadits
  • ·          Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud
  • ·          Lingkungan setempat

 

H.        Langkah-Langka h Pembelajaran



1 . Pertemuan Pertama ( 3 x 45 Menit)

Kegiatan Pendahuluan ( 15 Menit)

Guru:

Orientasi

v pembukaan dengan salam pembuka , memanjatkan syuku r kepada Tuhan YME dan berdoa   untuk   memulai pembelajaran

v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v Latihan fisik dan psikis peserta didik   dalam memulai kegiatan pembelajaran.

aperpepsi

v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya

v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

motivasi

v Memberikan gambaran tentang manfaat belajar yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

v Jika materitema/projek ini dikerjakan   dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

Ø Perilaku jujur hearts kehidupan Sehari-hari Yang Berkembang di 'masyarakat

v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang   berlangsung

v Mengajukan pertanyaan

Pemberian Acuan

v Memberitahukan   materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan itu.

v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang   berlangsung

v Pembagian kelompok belajar

v adalah pelaksanaan pengalaman belajar   sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti ( 105 Menit )

Sintak Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Stimulasi

(stimulasi/

mempersembahkan

rangsangan)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik diberi motivasi untuk menarik perhatian pada topik-topik Perilaku jujur ​​dalam kehidupan-hari yang berkembang di masyarakat dengan cara :

v Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan .

v Mengamati

Ø Lembar kerja materi Perilaku jujur dalam kehidupan Sehari-hari Yang Berkembang di 'masyarakat .

Ø Pemberian contoh-contoh materi Perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb

v Membaca .

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat .

v Menulis

Menulis rangkuman dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat .

v Mendengar

Pemberian Materi Perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat oleh guru.

v Menyimak

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :

Ø Perilaku jujur hearts kehidupan Sehari-hari Yang Berkembang di 'masyarakat

untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan , ketelitian, mencari informasi.

Masalah

pernyataan

(pertanyaan/

melihat

masalah)

BERPIKIR KRITIK ( BERPIKIR KRITIK )

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

v Mengajukan pertanyaan tentang materi :

Ø Perilaku jujur hearts kehidupan Sehari-hari Yang Berkembang di 'masyarakat

yang tidak menjangkau dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.

Data

koleksi

(pengumpulan

data)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

v Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan cermat materi Perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.

v Membaca sumber lain selain buku teks

secara  disiplin melakukan activities literasi DENGAN Mencari Dan membaca berbagai Referensi Dari berbagai Sumber guna Menambah Pengetahuan Dan pemahaman TENTANG materi Perilaku jujur dalam kehidupan Sehari-hari Yang Berkembang di 'masyarakat Yang sedang dipelajari.

v Aktivitas

tidak ada pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dijangkau dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat yang sedang dipelajari.

v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat yang telah disusun dalam daftar kepada guru.

 

KOLABORASI (KERJASAMA)

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:

v Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat .

v Menelan informasi

Mencatat semua informasi tentang materi Perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat yang diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

v Mempresentasikan ulang

Peserta didik dikomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat sesuai dengan pemahamannya.

v Saling tukar informasi tentang materi :

Ø Perilaku jujur hearts kehidupan Sehari-hari Yang Berkembang di 'masyarakat

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan , apresiasi pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Data

pengolahan

(pengolahan

Data)

KOLABORASI (KERJASAMA) dan BERPIKIR KRITIK )

Peserta didik dalam kelompoknya mengolah data hasil pengamatan dengan cara :

v Berdiskusi tentang data dari Materi :

Ø Perilaku jujur hearts kehidupan Sehari-hari Yang Berkembang di 'masyarakat

v Mengolah informasi dari materi jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

v Peserta didik mengerjakan beberapa hal mengenai materi Perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat .

Verifikasi

(pembuktian)

BERPIKIR KRITIK (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik mengamati hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber kegiatan :

v Menambah keluasan dan kedalaman sampai pada pengolahan informasi yang merupakan solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai yang berbeda untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :

Ø Perilaku jujur hearts kehidupan Sehari-hari Yang Berkembang di 'masyarakat

antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

Generalisasi n

(menarik

kesimpulan)

KOMUNIKASI (BERKOMUNIKASI )

Peserta didik untuk menyimpulkan

v Menyampaikan hasil diskusi   tentang materi Perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan .

v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :

Ø Perilaku jujur hearts kehidupan Sehari-hari Yang Berkembang di 'masyarakat

v Mengemukakan   pendapat   atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.

v Bertanya atas presentasi tentang materi Perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.  

 

KREATIVITAS (KREATIVITAS)

v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :

Laporan pengamatan secara tertulis tentang materi :

Ø Perilaku jujur hearts kehidupan Sehari-hari Yang Berkembang di 'masyarakat

v Menjawab pertanyaan tentang materi Perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

v Bertanya tentang hal yang belum diketahui, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa terkait dengan materi Perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat yang akan selesai dipelajari

v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengontrol penguasaan materi pelajaran.

Catatan : Selama pembelajaran Perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme ,  disiplin, rasa percaya diri, perilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, rasa ingin tahu, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup ( 15 Menit)

Peserta didik :

v Membuat resume ( KREATIVITAS ) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat yang baru dilakukan.

v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat yang baru diselesaikan.

v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau di rumah.

Guru:

v Memeriksa pekerjaan siswa   yang   diperiksa langsung untuk materi pelajaran perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat .

v Peserta didik yang   selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,   untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat .

v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik.





2 . Pertemuan Kedua ( 3 x 45 Menit)

Kegiatan Pendahuluan ( 15 Menit)

Guru:

Orientasi

pembukaan dengan salam pembuka , memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa   untuk   memulai pembelajaran

v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v Latihan fisik dan psikis peserta didik   dalam memulai kegiatan pembelajaran.

aperpepsi

v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya

v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

motivasi

v Memberikan gambaran tentang manfaat belajar yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

v Jika materitema/projek ini dikerjakan   dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

Ø Kaitan ANTARA Perilaku jujur dalam kehidupan Sehari-hari Yang Berkembang di 'masyarakat DENGAN keimanan

v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang   berlangsung

v Mengajukan pertanyaan

Pemberian Acuan

v Memberitahukan   materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan itu.

v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang   berlangsung

v Pembagian kelompok belajar

v adalah pelaksanaan pengalaman belajar   sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti ( 105 Menit )

Sintak Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Stimulasi

(stimulasi/

mempersembahkan

rangsangan)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik diberi motivasi untuk mendorong perhatian pada topik materi Kaitan antara jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan cara :

v Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan .

v Mengamati

Ø Lembar kerja materi Kaitan ANTARA Perilaku jujur dalam kehidupan Sehari-hari Yang Berkembang di society DENGAN keimanan .

Ø Memberikan contoh-contoh materi Kaitan antara perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan kebahagiaan untuk dapat mengembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb

v Membaca .

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Kaitan antara jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan arah .

v Menulis

Menulis rangkuman dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Kaitan antara jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan cara hidup .

v Mendengar

Berikan materi Kaitan antara perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan “keyakinan oleh guru.

v Menyimak

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :

Ø Kaitan ANTARA Perilaku jujur dalam kehidupan Sehari-hari Yang Berkembang di 'masyarakat DENGAN keimanan

untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan , ketelitian, mencari informasi.

Masalah

pernyataan

(pertanyaan/

melihat

masalah)

BERPIKIR KRITIK (BERPIKIR KRITIK)

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

v Mengajukan pertanyaan tentang materi :

Ø Kaitan ANTARA Perilaku jujur hearts kehidupan Sehari-hari Yang Berkembang di 'masyarakat DENGAN keimanan

yang tidak menjangkau dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.

Data

koleksi

(pengumpulan

data)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

v Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi Kaitan antara perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan cara yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.

v Membaca sumber lain selain buku teks

Secara rutin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Kaitan antara perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan arah yang sedang dipelajari.

v Aktivitas

tidak ada pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dijangkau dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Kaitan antara perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan arah yang sedang dipelajari.

v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Kaitan antara perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan pedoman yang disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

 

KOLABORASI (KERJASAMA)

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:

v Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Kaitan antara perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan kebahagiaan .

v Menelan informasi

Mencatat semua informasi tentang materi Kaitan antara perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan hasil yang diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

v Mempresentasikan ulang

Peserta didik dikomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Kaitan antara perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat sesuai dengan pemahamannya.

v Saling tukar informasi tentang materi :

Ø Kaitan ANTARA Perilaku jujur dalam kehidupan Sehari-hari Yang Berkembang di 'masyarakat DENGAN keimanan

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan , apresiasi pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Data

pengolahan

(pengolahan

Data)

KOLABORASI (KERJASAMA) DAN BERPIKIR KRITIK

Peserta didik dalam kelompoknya mengolah data hasil pengamatan dengan cara :

v Berdiskusi tentang data dari Materi :

Ø Kaitan ANTARA Perilaku jujur hearts kehidupan Sehari-hari Yang Berkembang di 'masyarakat DENGAN keimanan

v Mengolah informasi dari materi Kaitan antara perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan hasil yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja .

v Peserta didik mengerjakan beberapa hal mengenai materi Kaitan antara perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan kebahagiaan .

Verifikasi

(pembuktian)

BERPIKIR KRITIK (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik mengamati hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber kegiatan :

v Menambah keluasan dan kedalaman sampai pada pengolahan informasi yang merupakan solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai yang berbeda untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :

Ø Kaitan ANTARA Perilaku jujur dalam kehidupan Sehari-hari Yang Berkembang di 'masyarakat DENGAN keimanan

antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

Generalisasi n

(menarik

kesimpulan)

KOMUNIKASI (BERKOMUNIKASI)

Peserta didik untuk menyimpulkan

v Menyampaikan hasil diskusi   tentang materi Kaitan antara perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan .

v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :

Ø Kaitan ANTARA Perilaku jujur dalam kehidupan Sehari-hari Yang Berkembang di 'masyarakat DENGAN keimanan

v Mengemukakan   pendapat   atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Kaitan antara perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan cara-cara dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.

v Bertanya atas presentasi tentang materi Kaitan antara perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan keberhasilan yang dilakukan dan peserta didik diberi kesempatan   untuk menjawabnya.

 

KREATIVITAS (KREATIVITAS)

v Menyimpulkan titik-titik penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :

Laporan pengamatan secara tertulis tentang materi :

Ø Kaitan ANTARA Perilaku jujur dalam kehidupan Sehari-hari Yang Berkembang di 'masyarakat DENGAN keimanan

v Menjawab pertanyaan tentang materi Kaitan antara perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan kepastian yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

v Bertanya tentang hal yang belum dipahami , atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Kaitan antara perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan cara yang akan selesai dipelajari

v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Kaitan antara perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan kehidupan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengendalikan siswa terhadap materi pelajaran.

Catatan : Selama pembelajaran Kaitan antara perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan cara berjalan , guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme ,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, rasa ingin tahu , peduli lingkungan

Kegiatan Penutup ( 15 Menit)

Peserta didik :

v Membuat resume ( KREATIVITAS ) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Kaitan antara perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan cara yang baru dilakukan.

v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Kaitan antara perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan cara yang baru diselesaikan.

v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau di rumah.

Guru:

v Memeriksa pekerjaan siswa   yang   diperiksa langsung untuk materi pelajaran Kaitan antara jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan cara hidup .

v Peserta didik yang   selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,   untuk menilai tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Kaitan antara perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan kesejahteraan .

v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Kaitan antara perilaku jujur ​​dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan cara-cara kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik.




3 . Pertemuan Ketiga ( 3 x 45 Menit)

Kegiatan Pendahuluan ( 15 Menit)

Guru:

Orientasi

v  pembukaan dengan salam pembuka , memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa   untuk   memulai pembelajaran

v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v Latihan fisik dan psikis peserta didik   dalam memulai kegiatan pembelajaran.

aperpepsi

v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya

v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

motivasi

v Memberikan gambaran tentang manfaat belajar yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

v Jika materitema/projek ini dikerjakan   dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

Ø Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (QS al-Maidah / 5: 8, QS at- Taubah / 9: 119, QS al-Anfal / 8: 58, Dan QS an-Nahl / 16: 105) Dan Hadis

v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang   berlangsung

v Mengajukan pertanyaan

Pemberian Acuan

v Memberitahukan   materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan itu.

v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang   berlangsung

v Pembagian kelompok belajar

v adalah pelaksanaan pengalaman belajar   sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti ( 105 Menit )

Sintak Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Stimulasi

(stimulasi/

mempersembahkan

rangsangan)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik diberi motivasi untuk menarik perhatian pada topik materi Perilaku jujur ​​berdasarkan al-Quran (QS al-Māidah/5:8, QS al-Anfāl/8:58, dan QS an- Nahl/16:105) dan Hadis dengan cara :

v Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan .

v Mengamati

Ø Lembar kerja materi Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (QS al-Maidah / 5: 8, QS at- Taubah / 9: 119, QS al-Anfal / 8: 58, Dan QS an-Nahl / 16: 105) Dan Hadis .

Ø Pemberian contoh-contoh materi Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb

v Membaca.

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis.

v Menulis

Menulis rangkuman dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis.

v Mendengar

Pemberian materi Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis oleh guru.

v Menyimak

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :

Ø Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis

untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.

Problem

statemen

(pertanyaan/

identifikasi

masalah)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

v Mengajukan pertanyaan tentang materi :

Ø Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.

Data

collection

(pengumpulan

data)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

v Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.

v Membaca sumber lain selain buku teks

Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis yang sedang dipelajari.

v Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis yang sedang dipelajari.

v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

 

COLLABORATION (KERJASAMA)

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:

v Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis.

v Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi tentang materi Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

v Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis sesuai dengan pemahamannya.

v Saling tukar informasi tentang materi :

Ø Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Data

processing

(pengolahan

Data)

COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :

v Berdiskusi tentang data dari Materi :

Ø Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis

v Mengolah informasi dari materi Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis.

Verification

(pembuktian)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :

v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :

Ø Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis

antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

Generalization

(menarik

kesimpulan)

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.

v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :

Ø Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis

v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.

v Bertanya atas presentasi tentang materi Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

 

CREATIVITY (KREATIVITAS)

v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :

Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :

Ø Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis

v Menjawab pertanyaan tentang materi Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis yang akan selesai dipelajari

v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Catatan : Selama pembelajaran Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik :

v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis yang baru dilakukan.

v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis yang baru diselesaikan.

v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.

Guru :

v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis.

v Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis.

v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Perilaku jujur berdasarkan al-Quran (Q.S. al-Māidah/5:8, Q.S. at- Taubah/9:119, Q.S. al-Anfāl/8:58, dan Q.S. an-Nahl/16:105) dan Hadis kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.















































































































Komentar